Pemrograman Java
MAKALAH BAHASA
PEMROGRAMAN 1
“ PEMROGRAMAN JAVA ”
Disusun Oleh :
Nama
: Dhea Dwi Agustina
NIM
: 20160810089
Prodi
: Teknik Informatika S1
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
TAHUN 2017/2018
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, puji syukur penulis haturkan
kehadirat Allah SWT. Atas rahmat-Nya lah Penulis dapat menyelesaikan makalah
ini tepat pada waktunya.Dalam makalah yang berjudul “PEMROGRAMAN
JAVA” ini, akan
dibahas mengenai pengertian Java, sejarah Java itu sendiri, kemudian
dasar-dasar pemrograman Java, setting path dan mengenal tentang aplikasi editor
java yaitu Netbeans.
Selain itu,
untuk mempermudahpemahaman juga sebagai bahan latihan, Penulis juga menyertakan
contoh program Java dan program Java di
netbenas yang dapat dipraktekkan oleh
para pembaca.
Namun demikian, Penulis menyadari
bahwa makalah tersebut masih banyak adanya kekurangan dan masih jauh dari
kesempurnaan. Oleh karena itu penulis berharap akan kritik dan sarannya dari
segenap pembaca. Demikianlah semoga makalah yang telah dibuat tersebut dapat
bermanfaat bagi semuanya. Terimakasih
Kuningan,
Oktober 2017
Penulis
DAFTAR ISI
BAB
I
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang Masalah
2.
Pengenalan
3.
Rumusan Masalah
4.
Tujuan Penulisan
5.
Tujuan Penelitian
BAB
II
PEMBAHASAN
1.
Pengertian Java
2.
Perjalanan Karir James Gosling, Bapak Java
3.
Sejarah Tentang Java
4.
Asal Mula Java
5.
Lingkungan Java
6.
Struktur Dasar Pemrograman Java
7.
Solusi dan Pengembangan Java
8.Karakteristik
Bahasa Pemrograman Java
9.Kelebihan
dan Kekurangan Java
BAB III
PENUTUPAN
1.
Kesimpulan
2.
Saran
DAFTAR
PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang Masalah
Perkembangan dunia informasi dan
teknologi sangat cepat pada
dasawarsa terakhir sejak dimulainya era millennium. Perkembangan itu salah
satunya ditandai dengan keberadaan aplikasi java yang menyediakan berbagai layanan. Bentuk layanan yang dihadirkan aplikasi java sejatinya sangat berguna dan membantu bagi kehidupan manusia. Mulai dari akses data, informasi aktual, iklan, komunikasi, game dan sebagainya.
dasawarsa terakhir sejak dimulainya era millennium. Perkembangan itu salah
satunya ditandai dengan keberadaan aplikasi java yang menyediakan berbagai layanan. Bentuk layanan yang dihadirkan aplikasi java sejatinya sangat berguna dan membantu bagi kehidupan manusia. Mulai dari akses data, informasi aktual, iklan, komunikasi, game dan sebagainya.
Selain keuntungan tersebut,
keistimewaan lain aplikasi java adalah kemudahan akses atau pengoperasiannya
yang dapat dilakukan
siapapun mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Maka tidak mengherankan
jika aplikasi java telah menjadi konsumsi publik sebagaian besar masyarakat
Indonesia.
siapapun mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Maka tidak mengherankan
jika aplikasi java telah menjadi konsumsi publik sebagaian besar masyarakat
Indonesia.
Keberadaan aplikasi java telah
menghadirkan nuansa tersendiri di tengah
masyarakat karena selalu mengikuti kemajuan teknologi. Peningkatan fasilitas
demi menambah kepuasan pelanggan menjadi sisi yang paling ditonjolkan. Hal ini
tentu saja semakin memantapkan posisinya sebagai bagian kebutuhan masyarakat. Ia telah menjadi bagian hidup masyarakat masa kini.
masyarakat karena selalu mengikuti kemajuan teknologi. Peningkatan fasilitas
demi menambah kepuasan pelanggan menjadi sisi yang paling ditonjolkan. Hal ini
tentu saja semakin memantapkan posisinya sebagai bagian kebutuhan masyarakat. Ia telah menjadi bagian hidup masyarakat masa kini.
digemari adalah opera mini, Game hp dan aplikasi lainnya
yang difungsikan sebagai media komunikasi dunia maya dan hiburan.
jutaan penggunanya dari berbagai penjuru dunia. Hal ini menjadikan aplikasi java
sebagai alat komunikasi modern tanpa batas karena mengabaikan jarak, waktu,
dan tempat.Sehingga aplikasi java sering di gunakan untuk kehidupan sehari dan orang tergantung dengan adannya aplikasi java.
2. Pengenalan
Java adalah suatu teknologi di dunia
software komputer. Selain merupakan suatu bahasa pemrograman, Java juga
merupakan suatu platform. Java merupakan teknologi di mana teknologi tersebut
mencakup Java sebagai bahasa pemrograman yang memiliki sintaks dan aturan
pemrograman tersendiri, juga mencakup Java sebagai platform yaitu di mana
teknologi ini memiliki virtual machine dan library yang diperlukan untuk
menulis dan menjalankan program yang ditulis dengan bahasa pemrograman java.
3. Rumusan Masalah
1.
Apa yang dimaksud dengan bahasa pemrograman Java?
2.
Bagaimana dengan perjalanan karir James Gosling selaku pencipta Java?
3.
Bagaimana mengenai sejarah Java?
4.
Bagaimana dengan asal mula dibentuknya Java?
5.
Apa saja yang terdapat pada lingkungan Java?
6.
Apa saja elemen yang diperlukan dalam struktur pemrograman Java?
7.
Apa solusi
dan bagaimana pula pengembangan Java?
8.
Bagaimana
dengan karakteristik bahasa pemrograman Java?
9.
Apa saja
kelebihan dan kekurangan yang dimiliki bahasa pemrograman Java?
4. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dalam penulisan
makalah ini antara lain :
Untuk memenuhi
tugas dari dosen mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi. Untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan bagi semua pembaca termasuk
penulis yang telah mencari infomasi perkembangan teknologi dan referensi
mengenai teknologi tentang java tersebut
5. Tujuan Penelitian
Bagian awal ini akan mengajak
pembaca untuk mengenal lebih dekat dan mengenal lebih dalam tentang pemograman
Java. Lebih khusus lagi, kita akan mengeksplorasi komponen-komponen fundamental
yang perlu sekali diketahui dan dipahami dengan baik. Diharapkan uraian ini
nantinya dapat membantu memudahkan kita ketika ingin mempelajari Java.
Tujuan dengan mengenal
aplikasi java di harapakan seseorang akan mendapatkan hal berikut ini:
1.
Dapat mengetahui pengertian dari bahasa pemrograman Java
2.
Dapat mengetahui perjalanan karir James Gosling dalam menciptakan bahasa
pemrograman Java
3.
Dapat mengetahui sejarah terbentuknya Java
4.
Dapat mengetahui asal mula terbentuknya Java
5.
Dapat mengetahui apa saja yang terdapat pada lingkungan Java
6.
Dapat mengetahui apa saja elemen yang dibutuhkan dalam struktur pemrograman
Java
7.
Dapat mengetahui solusi dan pengembangan Java
8.
Dapat mengetahui berbagai macam karakteristik bahasa pemrogaman pada Java
9.
Dapat mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan bahasa pemrograman Java
BAB II
PEMBAHASAN
1. Pengertian Java
Java adalah suatu teknologi di dunia software komputer. Selain merupakan suatu
bahasa pemrograman, Java juga merupakan suatu platform. Java merupakan
teknologi di mana teknologi tersebut mencakup Java sebagai bahasa pemrograman
yang memiliki sintaks dan aturan pemrograman tersendiri, juga mencakup Java
sebagai platform yaitu di mana teknologi ini memiliki virtual machine dan
library yang diperlukan untuk menulis dan menjalankan program yang ditulis
dengan bahasa pemrograman java.
2. Perjalanan Karir James Gosling, Bapak Java
James Gosling lahir pada tanggal 19 Mei 1956 dari tiga bersaudara di dekat
Calgary, Kanada. Sejak kecil dia memang sangat tertarik dengan elektronika.
Saat usia 12 tahun, orangtuanya mendapatinya berhasil membuat permainan tic tac
toe dengan memanfaatkan komponen suku cadang telefon dan televisi. Melihat
minat dan bakat tersebut, suatu ketika sahabat orangtuanya mengajak Gosling ke
laboratorium komputer di Universitas Calgary. Saat itu usianya masih 14 tahun.
Sejak saat itulah ia lebih sering menghabiskan banyak waktu di laboratorium komputer daripada belajar di kelas. Lulus dari SMU, ia melanjutkan di Universitas Calgary. Saat menyelesaikan sarjana, ia mengembangkan editor teks Emacs, yang kelak menjadi editor teks yang paling banyak digunakan pada sistem operasi Unix. Kemudian ia mengambil pendidikan Master di Universitas Alberta sebelum melanjutkan program doktor di Universitas Carnegie Mellon di Pittsburgh. Ia memperoleh gelar Ph.D setelah berhasil mempertahankan tesisnya yang berjudul "The Algebraic Manipulation of Constraints" pada tahun 1983.
Ia segera bergabung dengan IBM selepas kuliah. Sayang hasil pekerjaannya tidak pernah diproduksi. Setahun kemudian, ia bergabung dengan Sun Microsystems hingga menjadi bagian Green Team untuk menjalankan projek rahasia Green Project. Berkat kemampuannya, kariernya segera melejit sehingga menduduki posisi Vice President (VP) Sun Microsystems dan Chief Technology Officer (CTO) Sunís Developer Product. Saat ini, ia masih berkontribusi pada Real-Time Specification of Java dan peneliti di laboratorium Sun untuk software development tools. Selain menjadi arsitek bahasa pemrograman Java, ia juga membangun sistem akuisisi data satelit, multiprosesor untuk Unix, beberapa kompiler, mail system dan insinyur utama pembuat windows manager NEWS (Network Extensible Windowing System).
Sejak saat itulah ia lebih sering menghabiskan banyak waktu di laboratorium komputer daripada belajar di kelas. Lulus dari SMU, ia melanjutkan di Universitas Calgary. Saat menyelesaikan sarjana, ia mengembangkan editor teks Emacs, yang kelak menjadi editor teks yang paling banyak digunakan pada sistem operasi Unix. Kemudian ia mengambil pendidikan Master di Universitas Alberta sebelum melanjutkan program doktor di Universitas Carnegie Mellon di Pittsburgh. Ia memperoleh gelar Ph.D setelah berhasil mempertahankan tesisnya yang berjudul "The Algebraic Manipulation of Constraints" pada tahun 1983.
Ia segera bergabung dengan IBM selepas kuliah. Sayang hasil pekerjaannya tidak pernah diproduksi. Setahun kemudian, ia bergabung dengan Sun Microsystems hingga menjadi bagian Green Team untuk menjalankan projek rahasia Green Project. Berkat kemampuannya, kariernya segera melejit sehingga menduduki posisi Vice President (VP) Sun Microsystems dan Chief Technology Officer (CTO) Sunís Developer Product. Saat ini, ia masih berkontribusi pada Real-Time Specification of Java dan peneliti di laboratorium Sun untuk software development tools. Selain menjadi arsitek bahasa pemrograman Java, ia juga membangun sistem akuisisi data satelit, multiprosesor untuk Unix, beberapa kompiler, mail system dan insinyur utama pembuat windows manager NEWS (Network Extensible Windowing System).
3. Sejarah Tentang Java
Java Programming atau Bahasa pemrograman Java pertama lahir dari The Green
Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas
1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak.
Pelopor proyek tersebut adalah Patrick Naughton, Mike Sheridan, James
Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems.
Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.
Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di
Menlo Park. Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan
sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah
peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA
sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai “*7″ (Star Seven).
Setelah zaman Star Seven selesai, sebuah anak perusahaan TV kabel tertarik
ditambah beberapa orang dari proyek The Green Project. Mereka memusatkan
kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto.
Perusahaan baru ini bertambah maju, jumlah karyawan meningkat dalam waktu
singkat dari 13 menjadi 70 orang. Pada rentang waktu juga ditetapkan pemakaian
Internet sebagai medium yang menjembatani kerja dan ide di antara mereka. Pada
awal tahun 1990-an, Internet masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di
kalangan akademisi dan militer.
Mereka menjadikan perambah (browser) Mosaic sebagai landasan awal untuk
membuat perambah Java pertama yang dinamai Web Runner, terinsipirasi dari film
1980-an, Blade Runner. Pada perkembangan rilis pertama, Web Runner berganti
nama menjadi Hot Java.
James Gosling dan kawan-kawan telah mengantarkan bahasa pemrograman baru (Java)
yang dapat berjalan pada semua platform peranti elektronika. Perbedaan platform
diatasi dengan membuat mesin virtual pada arsitektur bahasa pemrograman yang
baru. Mesin virtual tersebut akan menerjemahkan kode pemrograman menjadi bahasa
yang dikenali mesin apa pun. Java juga dikenal sangat andal dan memiliki sistem
keamanan sendiri.
Java hadir pada momentum yang tepat
saat internet dan kebutuhan aplikasi multimedia mulai berkembang. James Gosling
membuktikan kehebatan Java bersama John Gage, direktur Sun Science Office saat
memberikan presentasi bertajuk "Hollywood-meets-Silicon-Valley" di
awal tahun 1995. Ia berhasil memperlihatkan gerakan molekul tiga dimensi di
tengah-tengah layar komputer dengan menggerakkan mouse. Apalagi sejak HotJava
(sebelumnya disebut WebRunner) browser internet berbasis Java siap diluncurkan
sebulan kemudian. Kerjasama antara Sun Microsystems dan Netscape untuk memasang
Java pada browser Netscape Communicator saat dirilis kemudian ikut mempercepat
ketenaran Java.
Sejak dirilis pada 23 Mei 1995, Java
segera melejit menjadi bahasa pemrograman favorit. Java menghasilkan gelombang
baru dalam dunia komputasi. Apalagi Sun memberikan source code Java secara
cuma-cuma melalui internet. Dengan demikian Java segera tersebar dan setiap
orang dapat mencoba dan memberikan umpan balik. Respons yang diberikan para
pengguna Java ikut berkontribusi memperbaiki dari versi alpha (1.0a2) hingga
versi 2 pada saat ini. Kesuksesan mereka diikuti dengan untuk pemberitaan
pertama kali pada surat kabar San Jose Mercury News pada tanggal 23 Mei
1995. Keberhasilan Sun menghadirkan Java sebagai yang terdepan dalam komunikasi
internet tidak lepas dari peran James Gosling, arsitek bahasa pemrograman Java.
Sayang terjadi perpecahan di antara
mereka suatu hari pada pukul 04.00 di sebuah ruangan hotel Sheraton Palace.
Tiga dari pimpinan utama proyek, Eric Schmidt dan George Paolini dari Sun
Microsystems bersama Marc Andreessen, membentuk Netscape.
Nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja
“bapak java”, James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release
Java karena sebuah perangkat lunak sudah terdaftar dengan merek dagang
tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi “Java”. Nama ini diambil
dari kopi murrni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan
Gosling. Konon kopi ini berasal dari Pulau Jawa. Jadi nama bahasa
pemrograman Java tidak lain berasal dari kata Jawa, karena bahasa Inggris Jawa
adalah Java.
4. Asal Mula Java
Java diciptakan oleh suatu tim yang dipimpin oleh Patrick Naughton dan James
Gosling dalam suatu proyek dari Sun Microsystem yang memiliki kode Green dengan
tujuan untuk menghasilkan bahasa komputer sederhana yang dapat dijalankan di
peralatan sederhana dengan tidak terikat pada arsitektur tertentu.
Mula-mula James Gosling menyebut
bahasa pemrograman yang dihasilkan dengan OAK tetapi karena OAK sendiri
merupakan nama dari bahasa pemrograman komputer yang sudah ada maka kemudian
Sun mengubahnya menjadi Java.
Usaha untuk mengganti nama ternyata
tidak semudah yang dibayangkan. Atas usul pengacara dan ahli hukum perusahaan,
perdebatan dengan berbagai pendapat dilakukan para insinyur, manajer pemasaran,
penasehat hukum, dan direksi Sun Microsystems untuk menemukan nama yang tepat
selama berhari-hari. Nama-nama yang kemudian menjadi kandidat adalah Silk, DNA,
dan Java. Entah siapa yang pertama kali mengusulkan nama Java atau sejak kapan
nama Java dipakai, tidak begitu diperhatikan karena alternatif pilihan nama
tersebut dilakukan secara kolektif. Kelak Kim Polese, manajer pemasaran saat
itu yang sekarang adalah CEO Marimba Inc. akhirnya memakai merek dagang Java.
Akhirnya setelah melalui beberapa
transformasi dan proses, Sun akhirnya meluncurkan browser dari Java yang
disebut Hot Java yang mampu menjalankan applet. Setelah itu teknologi Java
diadopsi oleh Netscape yang memungkinkan program Java dijalankan di browser
Netscape sejak January 1996 yang kemudian diikuti oleh Internet Explorer.
Karena keunikan dan kelebihannya, teknologi Java mulai menarik banyak vendor
terkemuka seperti IBM, Symantec, Inprise, dll.
Akhirnya Sun merilis versi awal Java
secara resmi pada awal 1996 yang kemudian terus berkembang hingga muncul JDK
1.1 kemudian JDK 1.2 yang menghasilkan banyak peningkatan dan perbaikan
sehingga mulai versi ini Java disebut Java2. Perubahan yang utama adalah adanya
Swing yang merupakan teknologi GUI (Graphical User Interface) yang mampu
menghasilkan aplikasi window yang benar-benar portabel.
Dan pada tahun-tahun berikutnya
(1998-1999) lahirlah teknologi J2EE (Java 2 Enterprise Edition) yang berbasis
J2SE yang diawali dengan servlet dan EJB kemudian diikuti JSP. Kelebihan Java
di lingkungan network dan terdistribusi serta kemampuan multithreading
mengakibatkan Java menjadi cepat populer di lingkungan server side.
Terakhir teknologi Java melahirkan
J2ME (Java 2 Micro Edition) yang sudah diadopsi oleh Nokia, Siemens,
SonyEricsson, Motorola, Samsung untuk menghasilkan aplikasi mobile baik games
maupun software bisnis dan berbagai jenis software lain yang dapat dijalankan
di peralatan mobile seperti ponsel.
5. Lingkungan Java
Java merupakan bahasa pemrograman
yang dapat diimplementasikan pada berbagai lingkungan, seperti internet,
telepon genggam maupun komputer. Bahasa pemrograman Java secara garis besar
dikelompokan menjadi tiga edisi, yaitu, Java 2 Standar Edition (J2SE), Java 2
Enterprise Edition (J2EE) dan Java 2 Micro Edition (J2ME)
J2SE
J2SE
J2SE digunakan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi
desktop dan applet.
b. J2EE
J2EE dipergunakan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi berbasis client/server
berskala enterprise, sedangkan J2ME diaplikasikan pada berbagai perangkat kecil
dengan jumlah memory, kapasitas penyimpan dan user interface terbatas, seperti
ponsel dan PDA.
J2ME
Seperti paket-paket Java lainnya yang menggunakan Java Virtual Machine (JVM) sebagai interpreter, dalam J2ME digunakan pula virtual machine yang disebut K Virtual Machine (KVM) yang memiliki keunggulan tersendiri dimana hanya memerlukan memori kecil. Huruf K pada K Virtual Machine sendiri merupakan singkatan dari kilobyte, untuk menggambarkan betapa virtual machine ini bekerja pada memory yang demikian kecilnya. KVM memungkinkan para software developer independen untuk bermain-main pada berbagai platform handset menjadi terbuka tanpa perlu melakukan perubahan berarti dalam hal programnya. Dengan J2ME yang berbasis C++, sebuah aplikasi akan memiliki portabilitas untuk dijalankan pada berbagai jenis telepon genggam.
Seperti paket-paket Java lainnya yang menggunakan Java Virtual Machine (JVM) sebagai interpreter, dalam J2ME digunakan pula virtual machine yang disebut K Virtual Machine (KVM) yang memiliki keunggulan tersendiri dimana hanya memerlukan memori kecil. Huruf K pada K Virtual Machine sendiri merupakan singkatan dari kilobyte, untuk menggambarkan betapa virtual machine ini bekerja pada memory yang demikian kecilnya. KVM memungkinkan para software developer independen untuk bermain-main pada berbagai platform handset menjadi terbuka tanpa perlu melakukan perubahan berarti dalam hal programnya. Dengan J2ME yang berbasis C++, sebuah aplikasi akan memiliki portabilitas untuk dijalankan pada berbagai jenis telepon genggam.
MIDIlet
MIDIlet adalah aplikasi yang dibuat menggunakan J2ME dengan profile Mobile Information Device Profile (MIDP) yang dikhususkan untuk digunakan pada handset dengan kemampuan prosessor, memori dan layar yang terbatas, misalnya ponsel, pager, PDA, Pocket PC dan sebagainya.
MIDIlet adalah aplikasi yang dibuat menggunakan J2ME dengan profile Mobile Information Device Profile (MIDP) yang dikhususkan untuk digunakan pada handset dengan kemampuan prosessor, memori dan layar yang terbatas, misalnya ponsel, pager, PDA, Pocket PC dan sebagainya.
Hingga saat ini ada dua versi
platform Java J2ME yang umum digunakan pada telepon genggam yaitu MIDP 1.0 yang
masih memiliki spesifikasi sederhana dan menyediakan fungsi dasar untuk
aplikasi mobile, diantaranya basic user interface dan kemanan jaringan. Satu
lagi MIDP 2.0, yang sudah ditambahkan berbagai fasilitas seperti game,
multimedia, dukungan berbagai jenis konektivitas, maupun OTA.
6. Struktur Dasar Pemrograman Java
1.
Struktur Program Java
a.
Package atau Paket
Package atau paket adalah cara
pengelompokan dan pengorganisasian class-class dalam satu library. Package
bekerja dengan membuat direktori dan folder baru sesuai denga penamaan package,
kemudian menyimpan file class pada folder tersebut.
deklarasi:
package
namaPackage;
Package adalah perintah java yang digunakan untuk memberitahukan bahwa suatu
class adalah anggota dari package, sedangkan namaPackage dapat berupa susunan
direktori tempat dimana file class disimpan atau nama folder. Penulisan nama
package dalam java biasanya diawali denga huruf kecil.
b. Import
Perintah import digunakan
untuk memberitahukan kepada program untuk mengacu pada class-class yang
terdapat pada package tersebut dan buka menjalankan class-class tersebut. Dalam
program, anda dapat mengimport class-class tertentu saja dan dapat pula
mengimport semua class yang terdapat pada package.
deklarasi:
import namaPackage.*;
import
namaPackage.namaKelas;
Untuk
mengimport semua class anda menggunakan tanda asterisk (*) pada akhir
nama package. Sedangkan untuk mengimpor class tertentu anda dapat menuliskan
nama class setelah nama package.
c. Comments atau Komentar
Comments atau
komentar adalah catatan yang ditulis bersama kode program yang berguna sebagai
catatan/keterangan dari suatu kode, sehingga dapat digunakan sebagai referensi
dalam pembuatan dokmentasi. Komentar merupakan bagian dari program yang tidak
mempengaruhi jalannya program saat program dikompilasi atau dieksekusi. Dalam
penulisan komentar, java mengizinkan penulisan komentar dalam versi java
sendiri yang dapat digunakan sebagai pembuatan dokumentasi html. Selain itu
java juga mengadopsi penulisan versi C dan C++ akan tetapi dapat dibuat
dokumnetasi html.
lambang untuk comments :
-
double slash ( // ), untuk memberikan penjelasan satu baris
contoh:
//latihan java.
//latihan java.
komentar di atas menggunakan // sebagai penanda
komentar yang berarti satu baris.
-
tanda/**, digunakan
sebagai awalan dalam penulisan komentar java
contoh:
/**
*ini adalah
contoh komentar dalam versi java
*menguasai pemrograman
java
didalam tanda tersebut anda dapat menulisakan lebih
dari satu baris komentar.
-
tanda /* dan tanda
*/, penulisan komentar yang diawali dengan tanda /** kemudian setelah tanda
tersebut di anggap sebagai komentar yang panjang, anda dapat menggunakan
tanda/* dan di akhiri tanda */
contoh:
/* ini baris komentar hingga 2
Baris, ini yang pertama
Ini baris yang kedua*/
/* ini baris komentar hingga 2
Baris, ini yang pertama
Ini baris yang kedua*/
komentar akan di anggap sebagai Javadoc commets yang
menggunakan tanda /** dan di akhiri */ komentar ini digunakan untuk momberikan
dokumentasi tentang class, data dan method yang digunakan.
d. Modifier
Modifier adalah keyword java yang berfungsi mengatur hubungan antar class,
method, dan variable. Hubungan yang dimaksud yakni apakah suatu
variable, method dan class dama satu class dapat diakses oleh class dan method
lainya. Modifiers adalah beberapa kata khusus tertentu yang digunakan dalam
aplikasi Java. Modifiers dalam Java berfungsi Untuk menetapkan property dari
data, method, atau class dan bagaimana cara menggunakannya.
Macam-macam modifier:
-
Public
Bisa diakses oleh kelas .
Bisa diakses oleh kelas .
-
Protected
Bisa diakses tetapi hanya untuk kelas anak.
Bisa diakses tetapi hanya untuk kelas anak.
-
Private
Tidak bias diakses.
Tidak bias diakses.
e.
Statements
Statements merupakan baris perintah atau
kumpulan perintah. Statements mempresentasikan sebuah aksi atau sebuah
urutan aksi. Setiap statements pada
java selalu diakhiri dengan titik koma (;).
contoh:
System.out.println(“Selamat datang di stya bloegst.....”);
System.out.println(“Selamat datang di stya bloegst.....”);
yang akan menghasilkan dicetaknya kalimat yang berada di dalam kurung dan diantara tanda petik ke console windows.
f.
Blocks
Blocks adalah
himpunan pernyataan yang terdapat diantara tanda brace/kurung kurawal {…}. Block
digunakan untuk
membentuk
sekelompok (satu blok) perintah atau komponen lain (grup statements).
Dalam program digunakan untuk membentuk sebuah struktur pada program seperti
class atau method.
contoh:
Public class stya
{ //awal blok clas
} //akhir dari blok class
{ //awal blok clas
} //akhir dari blok class
Macam-macam block:
-
block class
Blok class
dimulai dari tanda “{“ setelah identifier dan diakhiri dengan tanda “}”. Disini
terlihat blok class sebagai hierarkhi tertinggi yang didalamnya terdapat data,
blok method.
-
block method
Blok method
terdapat dalam blok class dan tidak dapat berdiri sendiri. Blok method terdiri
atas data dan struktur control.
-
block
control
Blok kontrol merupakan representasi struktur control
g.
Classes
Classes adalah
struktur program yang paling mendasar pada Java class. Suatu class merupakan “blueprint” untuk menciptakan suatu objek. Untuk
melakukan pemograman dengan menggunakan bahasa java kita harus mengerti
dasar-dasar pemograman berorientasi object. Juga mampu membuat class dan
menggunakannya di dalam pemograman.
Format class :
Modifier class nama_calss{
}
Contoh:
Public class stya{
}
Privat class stya{
}
Modifier class nama_calss{
}
Contoh:
Public class stya{
}
Privat class stya{
}
h.
Method atau Fungsi
Sebuah class
harus memiliki setidaknya sebuah method. Class utama dalam program java
harus memiliki method utama .Jadi method harus ada di dalam class dan tidak
dapat berdiri sendiri seperti sebuah fungsi diluar class.
format penulisannya:
Modifier tipe_data_balikan nama_method (parameter){
}
Modifier tipe_data_balikan nama_method (parameter){
}
Contoh :
Public
void stya(){
}
}
i.
Main method
Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa tiap class harus memiliki method ,
dan class utama dalam program juga harus memiliki method utama yang disebut
juga main method.main method ini fungsinya mengontrol seluruh alur dari program
sewaktu menjalankan tugasnya.
contoh:
Public static void main (String args
[] ){
System.out.println(“Selamat datang di stya bloegst”);
}
System.out.println(“Selamat datang di stya bloegst”);
}
j.
Reserved
Word atau Kata Kunci
Reserved Word atau Kata Kunci merupakan kata yang
sudah memiliki arti tersendiri atau khusus bagi interpreter dan compiler java
untuk diterjemahkan menjadi perintah kepada computer untuk mengerjakan sesuatu.
contoh :
Public,
Static, Void, Privat, Protected
2.
Elemen Pembentuk Java
a.
Identifiers
Identifiers
adalah suatu tanda yang berupa huruf, kata, atau gabungan kata yang
digunakan untuk penamaan
dalam pemrograman pada variabel, konstanta, method, class,
dan package. Java merupakan bahasa pemrograman yang case-sensitive
(membedakan antara huruf besar dan kecil).
Aturan penamaan identifiers pada java adalah :
1.
Dapat dimulai dengan huruf, underscore (
_ ) atau tanda $
2.
Tidak dapat menggunakan simbol operator seperti
: +, - , * , / dan lain- lain
3.
Tidak dapat menggunakan reserved word
4.
Dapat mempunyai panjang berapa saja.
b. Variables
Variables digunakan untuk input,output atau menyimpan hasil suatu proses pada
program.
Untuk
melakukan deklarasi suatu variables digunakan
:
-
Data type variable Name;
Contoh :
int angka;
untuk mendeklarasi sekaligus melakukan inisialisasi digunakan :
-
Data type variable Name = value;
Contoh : int angka = 5;
Aturan konvensi :
1.
Bila terdiri satu abjad atau satu kata, semua
abjad dituliskan sebagai huruf kecil.
Contoh: a , nama.
2.
Bila nama terdiri dari dua kata atau lebih,
huruf pertama dari kata pertama sebaiknya kecil, dan huruf pertama kata kedua
dan seterusnya, sebaiknya huruf besar.
c. Constants atau Konstanta
Constants merupakan data yang tidak
berubah selama program berjalan.
Pendeklarasian konstanta menggunakan :
static final Datatype CONSTANTNAME = Value;
contoh : static final double PI = 3.14159;
area = radius*radius*PI;
Aturan konvensi:
1.
Semua Abjad dari nama konstanta dituliskan dalam
huruf kapital.
2.
Bila Konstanta lebih dari satu kata, maka
semuanya disambung menjadi satu dan
semua abjadnya juga dituliskan dalam bentuk kapital.
semua abjadnya juga dituliskan dalam bentuk kapital.
d. Tipe Data
Tipe data primitif pada Java:
1.
Numerik (bulat dan
pecahan)
Numerik bulat ada 4 macam yaitu
:
tipe data
besar
(bits) jangkauan
byte
8
-128 ke 127
short
16
-32,768 ke 32,767
Int
32
-2,147,483,648 ke 2,147,483,647
long
64
-9,223,372,036,854,775,808 ke –
9,223,372,036,854,775,807
Numerik pecahan ada 2 macam yaitu :
float
32
bits -3.4E38 ke 3.4E38
double
64
bits
-1.7E308 ke 1.7E308
2. Character
Character merupakan tipe data yang meyimpan satu buah karakter.
tipe
besar (bits)
jangkauan
char 16
Unicode Character
3.Boolean
Boolean merupakan tipe data yang hanya
berisi true atau false.
6.
Tipe Data Array
Tipe data array digunakan
untuk menampung beberapa tipe data yang sama dalam sebuah nama variable yang
mempunyai indeks. Array pada java merupakan object yang dapat berisi tipe
data primitif maupun class.
7. Solusi dan Pengembangan Java
Meski aplikasi Java telah banyak digunakan pada telepon nirkabel, namun sudah
menjadi hal umum bagi pengembang, bahwa Java tidak sepenuhnya dapat berjalan
pada semua tipe ponsel meski pada telepon genggam tersebut sudah ditanamkan
suatu platform Java.
Penyebabnya, yaitu implementasi Java oleh
masing-masing vendor telepon seluler tidaklah sama terutama pada fragmentasi
API (Application Programming Interface). Maka untuk mengatasi perbedaan
tersebut berbagai perusahaan teknologi di dunia seperti Nokia, Motorola, NTT
DoCoMo, Sprint dan lainnya membentuk suatu kolaborasi guna menyusun spesifikasi
Java yang lebih jelas bagi vendor telepon genggam, operator seluler, serta
pengembang aplikasi. Spesifikasi tersebut dinamakan Java Technology for
Wireless Industry (JTWI).
Tujuan JTWI sendiri adalah untuk memperbaiki
kompatibilitas, interoperabilitas, dan kelangkapan implementasi Java pada
telepon genggam. Spesifikasi JTWI sendiri yaitu untuk meminimasi fragmentasi
API serta memaksimalkan fungsionalitas pada telepon genggam sehingga dapat
memperluas penerapan aplikasi Java.
JTWI mendefinisikan tiga kategori spesifikasi yaitu
mandatory, conditional required, dan minimum configuration. Spesifikasi
mandatory yaitu MIDP 2.0, conditional required adalah MMAPI 1.1, dan minimum
configuration adalah CLDC 1.0.
CLDC (Connected Limited Device Configuration) adalah
spesifikasi yang ditujukan pada perangkat elektronik yang memiliki sumber daya
terbatas yang dikembangkan untuk keperluan teknologi wireless Java, dimana
memungkinkan pengguna ponsel untuk menginstallkan aplikasi Java (MIDIlet) ke
telepon genggam mereka. MIDP (Mobile Information Device Profile) merupakan
suatu spesifikasi untuk memperkaya fitur pada CLDC dengan menyediakan tambahan
kelas yang lebih spesifik pada tipe perangkat.
Sedangkan MMAPI (Mobile Media API) merupakan suatu
spesifikasi yang ditujukan untuk menangani kemampuan multimedia pada telepon
bergerak yang berbasis Java. Pada JTWI dikenal juga istilah WMA (Wireless
Messaging API) yaitu spesifikasi yang ditujukan untuk menangani pengiriman dan
penerimaan pesan singkat pada platform Java.
8.Karakteristik Bahasa Pemrograman Java
a.
Sederhana
Inti dari
ke-"sederhana"-an Java terutama terletak pada kemiripannya dengan C
dan C++. Karena programmer-programmer masa kini khususnya yang tertarik
menggunakan Java telah memiliki pengalaman setidaknya dengan C dan mungkin
dengan C++, Java tentu saja terlihat sederhana dan akrab bagi programmer-
programmer ini.
Java menyederhanakan bahasa C++ dengan menambahkan fitur-fitur pendukung yang
belum terdapat dalam C++ dan membuang beberapa fitur yang membuat C++ menjadi
bahasa yang rumit dan sulit untuk dikuasai. Java sederhana karena hanya ia
memiliki tiga tipe angka data primitif, tipe Boolean dan array. Selebihnya,
semua dalam Java adalah sebuah kelas. Salah satu fitur penting yang ditawarkan Java
(yang belum ada pada C++) adalah pengumpulan sampah (garbage collection).
Dengan mekanisme ini, user tidak perlu membebaskan memori yang dialokasikan,
karena semua dilakukan oleh Mesin Virtual Java. Java juga mendukung penulisan
program multi jalinan, yaitu suatu program yang dapat melakukan lebih dari satu
pekerjaan dalam waktu yang bersamaan.
b.
Berorientasi
Obyek
Dalam pendekatannya pada orientasi-obyek, Java lebih merujuk pada SmallTalk
daripada C++. Selain tipe data primitive-nya, semua yang ada pada Java adalah
kelas. Sebaliknya dalam C++ semuanya serba campur-aduk, dimana programmer dapat
secara bebas (benar-benar bebas)dalam mencampur kode-kode orientasi obyek
(kelas) (kelas) dengan kode prosedural (fungsi). Dalam Java semua ini tidak
diperbolehkan. Tidak ada fungsi global dalam Java, semua fungsi harus dipanggil
melalui sebuah obyek.
Dukungan Java terhadap orientasi-obyek tidak termasuk penurunan (inheritansi)
ganda. Para perancang Java merasa kerumitan yang dimunculkan inheritansi ganda
tidak sebanding dengan keuntungan yang dihasilkan. Sebagai ganti dari
inheritansi ganda, Java kemudian menyediakan antarmuka (interface).
c.
Terdistribusi
Java memudahkan pembuatan aplikasi terdistribusi dengan sekumpulan kelas yang
digunakan pada aplikasi-aplikasi jaringan. Dengan menggunakan kelas URL (Uniform
Resource Locator) Java, suatu aplikasi dapat dengan mudah mengakses
server-jauh (remote server).
d.
Terinterpretasi
Karena Java adalah bahasa interpretasi, sekali Interpreter Java terpasang,
terinstal pada suatu mesin tertentu, mesin tersebut dapat secara langsung
menjalankan aplikasi-aplikasi Java (tidak peduli platform atau sistem operasi
apa yang terpasang pada mesin tersebut). Ketika menggunakan bahasa interpreter,
programmer juga terbebas dari kekhawatiran berkaitan dengan ketergantungan
antar modul.
Keuntungan lain adalah waktu yang digunakan untuk lingkaran
edit-compile-link-test dapat dipotong. Tanpa adanya langkah kompile dan link,
maka bekerja dalam lingkungan interpreter lebih sederhana dan lebih hemat waktu
karena hanya melalui lingkaran edit-test.
e.
Kokoh
Membuat suatu program yang terdistribusi, mendukung multi-jalinan yang dapat
dijalankan pada berbagai sistem operasi dan berbagai prosesor bukanlah suatu
pekerjaan yang mudah. Berdasarkan pemikiran ini, maka Java diciptakan sebagai
bahasa yang sangat ketat dalam penulisan (strongly typed language).
Dalam Java management memori telah disederhanakan dengan dua cara. Pertama Java
tidak mendukung manipulasi pointer atau aritmatik secara langsung, sehingga
mustahil bagi program Java untuk menumpuk (meng-overwrite) memori atau
mengkorupsi data. Kedua Java menggunakan mekanisme pengumpulan sampah saat
program berjalan (runtime) daripada pembebasan memori secara eksplisit.
f.
Aman
Karena Java tidak menggunakan pointer yang secara langsung merujuk pada lokasi
memori seperti yang terdapat pada C atau C++, Java memiliki kendali penuh
terhadap semua kode yang ada pada lingkungan Java. Sebelumnya telah
diantisipasi bahwa aplikasi-aplikasi Java akan dijalankan di internet dan akan
secara dinamis dapat dijalankan bersama atau mengeksekusi program lain di
tempat yang berlainan melalui internet, maka para pengembang Java berpendapat
tentang perlu adanya kompiler Java yang akan menghasilkan kode bite Java yang
akan melewati standar keamanan runtime Java. Gagasan ini memunculkan ide
tentang pemeriksa kode byte yang akan memeriksa semua kode yang masuk dan
memastikan bahwa semua kode tersebut telah mematuhi serangkaian aturan yang
telah ditentukan dan aman untuk dijalankan.
g.
Arsitektur
Netral
Sebelum dijalankan, program Java harus dikompile terlebih dulu menggunakan
kompiler Java. Proses kompilasi ini kemudian akan menghasilkan suatu kode bite
tertentu yang serupa dengan file kode (bahasa) mesin yang dapat dieksekusi pada
mesin apapun yang memiliki interpreter Java.
Jadi, Java dapat dijalankan dalam mesin (komputer) dengan system operasi apapun
selama ia memiliki interpreter Java, dan dengan demikian maka tuntutan arsitektur
netral pada Java dapat dipenuhi.
h.
Portable
Salah satu tujuan penting pembuatan Java adalah kode-kode Java haruslah
Portable, sehingga ketika arsitektur baru (baik itu perangkat keras ataupun
sistem operasi atau keduanya) berkembang, lingkungan Java dapat diterapkan dan
dipindahkan pada mereka.
Pada Java, semua tipe data primitif (integer, long, float, double dan
sebagainya) memiliki ukuran tertentu, tidak bergantung pada mesin atau sistem
operasi dimana program Java dijalankan. Hal ini sangat berlawanan dengan bahasa
seperti C atau C++ yang menyerahkan ukuran tipe data primitif pada kompiler dan
mesin (serta sistem operasi). Java portable karena kompiler Java sendiri
ditulis menggunakan Java.
i.
Berkinerja
Tinggi
Sebuah aplikasi Java tidak akan menyamai kinerja aplikasi bahasa terkompilasi
penuh seperti C atau C++. Namun demikian untuk sebagian besar aplikasi termasuk
pengolahan grafis, satu dari berbagai macam hal yang dapat ditemui secara umum
pada World Wide Web, kinerja Java lebih dari cukup.
Banyak pengadopsi awal C++ khawatir aanya kemungkinan penurunan kinerja saat
mereka mengubah program mereka dari C ke C++. Namun para pengadopsi (pengguna)
awal C++ menemukan walaupun program dalam C akan melebihi suatu program C++
dalam banyak kasus, waktu untuk pengembangan lebih lanjut dan biaya tidak
sesuai dengan kinerja yangdihasilkan.
Walaupun aplikasi Java mungkin tidak dapat menyamai aplikasi C++, namun secara normal aplikasi Java akan cukup cepat, dan Java memungkinkan user melakukan banyak hal yang tidak dapat dilakukan dengan C++.
Walaupun aplikasi Java mungkin tidak dapat menyamai aplikasi C++, namun secara normal aplikasi Java akan cukup cepat, dan Java memungkinkan user melakukan banyak hal yang tidak dapat dilakukan dengan C++.
j.
Multi-Jalinan
Menulis suatu bahasa yang hanya bisa melakukan satu perkerjaan adalah hal yang
biasa dalam bahasa pemrograman. Program-program Java dapat terdiri atas
beberapa jalinan yang memungkinkan program untuk melakukan beberapa pekerjaan
sekaligus. Suatu contoh, sebuah program multi jalinan dapat me-render sebuah
image di layar pada satu jalinan disamping menerima masukan dari keyboard user
pada jalinan utama-nya.
Dukungan terhadap beberapa jalinan tersinkronisasi sekaligus telah terbangun
(secara internal) pada Java dan lingkungan runtime-nya. Jalinan tersinkronisasi
sangat berguna dalam membuat aplikasi yang terdistribusi dan berbasis jaringan.
Aplikasi semacam ini dapat berkomunikasi dengan server jauh pada satu jalinan
dan berinteraksi dengan user pada jalinan yang lain.
k.
Dinamis
Karena terinterpretasi, Java adalah bahasa yang benar-benar dinamis. Saat
runtime, lingkungan Java dapat mengembangkan dirinya dengan terhubung pada
kelas-kelas yang mungkin terletak pada server-jauh pada suatu jaringan
(misalnya, lewat internet). Pada C++ setiap kali anggota variabel atau fungsi
ditambahkan pada suatu kelas, maka kelas tersebut dan semua kode tambahan yang
merujuk pada kelas tersebut perlu dikompile ulang. Java menyederhanakan masalah
ini dengan menyerahkan pada runtime. Saat runtime interpreter Java melakukan
resolusi nama ketika terhubung dengan kelas-kelas yang bersangkutan.
Interpreter Java juga bertanggung-jawab dalam menentukan penempatan obyek dalam
memori. Dua fitur pada interpreter Java ini memecahkan masalah berkaitan degan
perubahan definisi kelas ketika digunakan kelas-kelas yang lain.
9.Kelebihan dan Kekurangan Java
1. Kelebihan
Java
a.
Sederhana
dan Ampuh
Java menyediakan sarana untuk membuat program
(applet) yang berjalan pada web browser. Programmer dapat menggunakan applet
kecil yang aman, dinamik, lintas platform, aktif dan siap dijalankan di
jaringan.
b.
Aman
Java
dirancang dengan konsep keamanan internet.
c.
Berorientasi
Objek
Java tidak diturunkan bahasa pemrogaman manapun. Java
memiliki keseimbangan yang menyediakan mekanisme peng-class-an sederhana dengan
model antarmuka dinamik yang intuitif hanya jika diperlukan.
d.
Kokoh
Java
membatasi programmer dengan memberi kunci supaya progamer dapat menemukan
kesalahan lebih cepat saat mengembangkan program.
e. Interaktif
e. Interaktif
Java
dirancang untuk menciptakan program jaringan yang interaktif.
f.
Netral
Java netral terhadap berbagai arsitektur, java mampu berjalan dalam
platform apapun seperti PC, UNIX, Macintosh, dll.
g.
Terinterpretasi
dan Berkinerja Tinggi
Java melengkapi keajaiban lintas platform yang luar
biasa dengan kompilasi ke dalam representasi langsung yang disebut java code
byte yang dapat diterjemahkan oleh system apapun yang memiliki java interpreter
dan java virtual machine.
h.
Java
bersifat Multiplatform
Java dirancang untuk mendukung aplikasi yang dapat
beroperasi di lingkungan jaringan berbeda. Untuk mengakomodasi hal tersebut,
Java compiler membangkitkan bytecodes (sebuah format yang tidak tergantung pada
arsitektur tertentu yang didesain untuk mengirimkan kode ke banyak platform
perangkat keras dan perangkat lunak secara efisien). Java dapat dijalankan oleh
banyak platform seperti Linux, Unix, Windows, Solari, maupun Mac.
i.
Java
bersifat Multithread
Multithreading adalah kemampuan
suatu program komputer untuk mengerjakan beberapa proses dalam suatu waktu.
Thread dalam Java memiliki kemampuan untuk memanfaatkan kelebihan multi
prosessor apabila sistem operasi yang digunakan mendukung multi prosessor.
j.
Dapat Didistribusi dengan Mudah
Java memiliki library rutin yang
lengkap untuk dirangkai pada protocol TCP/IP (seperti HTTP dan FTP) dengan
mudah. Kemampuan networking Java lebih kuat dan lebih mudah digunakan. Java
memudahkan tugas pemrograman jaringan yang sulit seperti membuka dan mengakses
sebuah soket koneksi. Java juga mamudahkan pembuatan CGI (Common Gateway
Interface).
k.
Bersifat Dinamis
Java dirancang untuk beradaptasi
dengan lingkungan yang sedang berkembang. Java bersifat dinamis dalam tahap
linking. Class yang ada dapat di link sebatas yang diperlukan, apabila
diperlukan modul kode yang baru dapat di link dari beberapa sumber, bahkan dari
sumber dalam jaringan Internet
2. Kelemahan
Java
a.
Java
memiliki kecepatan yang kurang dari bahasa C ++
b.
Implementasi
J2ME tidak global
Misalnya, J2ME untuk Motorola dengan J2ME untuk Sony
Ericson tidak sama. Berbeda lagi J2ME untuk Nokia. Setiap produk selalu
mempunyai modul tersendiri yang dinilai aneh penerapannya dan harus di-compile
dengan modul yang berbeda-beda.
c.
Java memakan
banyak memori computerd. Java
merupakan bahasa yang kompleks dan susah dipelajari
e.
Program yang
dibuat oleh bahasa ini lebih lambat
Bahasa pemrograman Java lebih lambat
dibanding program yang dibuat dengan bahasa lain seperti C atau C++.
Cara Install dan Setting PATH Java di Windows
Siapa yang tak kenal dengan Pemrograman Java saat ini? Bahasa yang telah naik popularitasnya di kalangan developer di seluruh dunia.
Mungkin bagi sebagian orang yang ingin memulai melakukan pemrograman java ada kesulitan saat melakukan instalasi, terlebih untuk setting PATH.
Di sini saya akan coba memberikan tutorial bagaimana cara menginstalasi java di sistem operasi windows.
Anda bisa menggunakanya pada semua versi Windows baik itu Windows XP, Windows Vista maupun Windows 7.
Setelah selesai menginstall, maka kita harus mengatur
setingan PATH agar program-program biner java dapat dipanggil dari directory
manapun.
buka windows explorer, klik kanan pada my computer, pilih properties, maka akan tampil seperti gambar di bawah ini
pilih tab Advanced
pilih Environment Variables
buka windows explorer, klik kanan pada my computer, pilih properties, maka akan tampil seperti gambar di bawah ini
pilih tab Advanced
pilih Environment Variables
kemudian pada user variables kita pilih New
isikan PATH pada Variable name, isikan directory hasil instalasi Java, yaitu C:Program FilesJavajdk1.6.0bin, setelah kita seting maka akan seperti gambar di bawah ini. Sesuaikan versi java yang anda download, kalau yang saya pakai versi 1.6.0.
isikan PATH pada Variable name, isikan directory hasil instalasi Java, yaitu C:Program FilesJavajdk1.6.0bin, setelah kita seting maka akan seperti gambar di bawah ini. Sesuaikan versi java yang anda download, kalau yang saya pakai versi 1.6.0.
klik Ok, kemudian anda restart agar seting yang tadi kita
lakukan berfungsi
Setelah instalasi selesai dan melakukan pengaturan PATH serta telah di restart, Buka command prompt untuk mengetest apakah seting yang kita lakukan tadi telah berfungsi dengan baik. Ketik javac –version pada layar command prompt, jika seting PATH yang kita lakukan benar, maka akan tampil seperti gambar di bawah ini
Setelah instalasi selesai dan melakukan pengaturan PATH serta telah di restart, Buka command prompt untuk mengetest apakah seting yang kita lakukan tadi telah berfungsi dengan baik. Ketik javac –version pada layar command prompt, jika seting PATH yang kita lakukan benar, maka akan tampil seperti gambar di bawah ini
Jika anda mendapatkan hasil seperti gambar di bawah ini,
atau muncul tulisan seperti ini:
‘javac ‘ is not recognized as an internal or external
command, operable program or batch file.
itu artinya anda belum benar atau belum berhasil menset PATH
JDK anda.
berarti configurasinya belum berhasil, coba restart
komputer/laptop sobat, kemudian ulangi langkah diatas.
Kemudian masuk lagi ke command prompt (cmd) untuk
mengetest apakah program javanya sudah bisa digunakan,
start -> ketik “cmd” -> enter
Kemudian Ketik javac, apabila
sukses maka hsilnya akan seperti gambat dibawah ini:
Gambar diatas menunjukkan configurasinya berhasil, Selamat Mencoba………..
*CONTOH
PROGRAM JAVA DENGAN NETBEANS
import
java.io.*;
public class
Latihan_01 {
public static void main (String args [])
throws IOException {
BufferedReader input = new
BufferedReader (new InputStreamReader (System.in));
String nim,nama,alamat,email,hp;
System.out.println("Program
Menampilkan Biodata");
System.out.print("Masukkan nim
anda : ");
nim=input.readLine();
System.out.print("Masukkan nama anda
: ");
nama=input.readLine();
System.out.print("Masukkan alamat
anda : ");
alamat=input.readLine();
System.out.print("Masukkan email
anda : ");
email=input.readLine();
System.out.print("Masukkan nomor
hp anda : ");
hp=input.readLine();
System.out.println("Nim anda
adalah " +nim);
System.out.println("Nama anda
adalah " +nama);
System.out.println("Alamat anda
adalah " +alamat);
System.out.println("Email anda
adalah " +email);
System.out.println("Nomor
Handphone anda adalah " +hp);
}
*CONTOH
PROGRAM SEDERHANA JAVA
public class
Latihan_01 {
public static void main (String args[]){
System.out.println("Hello
temanku");
System.out.println("Ayo kita
belajar java");
System.out.println("Dengan
baik");
}
BAB III
PENUTUPAN
1. Kesimpulan
Dari beberapa bahasan mengenai bahasa pemrograman Java diatas, maka dapat
disimpulkan bahwa Java merupakan suatu teknologi di mana teknologi tersebut
mencakup Java sebagai bahasa pemrograman yang memiliki sintaks dan aturan
pemrograman tersendiri, juga mencakup Java sebagai platform yaitu di mana
teknologi ini memiliki virtual machine dan library yang diperlukan untuk
menulis dan menjalankan program yang ditulis dengan bahasa pemrograman java.
James Gosling, selaku pencipta dan penemu bahasa pemrograman Java yang lahir
pada 19 Mei 1956 dari tiga bersaudara di dekat Calgary, Kanada. Sejak kecil dia
memang sangat tertarik dengan elektronika. Pada mulanya bahasa pemrograman yang
ditemukan oleh James hendak dinamakan Oak, namun karena nama tersebut sudah
digunakan perusahaan lain maka namanya berganti menjadi Java. Asal mula
penamaan Java oleh James karena James sangat menyukai minuman kopi tubruk yang
konon katanya berasal dari pulau Jawa. Itulah sebabnya dinamakan Java yang
merupakan bahasa Inggris dari Jawa.
Java diciptakan oleh suatu tim yang
dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling dalam suatu proyek dari Sun
Microsystem yang memiliki kode Green dengan tujuan untuk menghasilkan bahasa
komputer sederhana yang dapat dijalankan di peralatan sederhana dengan tidak
terikat pada arsitektur tertentu. setelah melalui beberapa transformasi dan
proses, Sun akhirnya meluncurkan browser dari Java yang disebut Hot Java yang
mampu menjalankan applet. Setelah itu teknologi Java diadopsi oleh Netscape yang
memungkinkan program Java dijalankan di browser Netscape sejak January 1996
yang kemudian diikuti oleh Internet Explorer. Karena keunikan dan kelebihannya,
teknologi Java mulai menarik banyak vendor terkemuka seperti IBM, Symantec,
Inprise, dll.
Akhirnya Sun merilis versi awal Java
secara resmi pada awal 1996 yang kemudian terus berkembang hingga muncul JDK
1.1 kemudian JDK 1.2 yang menghasilkan banyak peningkatan dan perbaikan
sehingga mulai versi ini Java disebut Java2. Perubahan yang utama adalah adanya
Swing yang merupakan teknologi GUI (Graphical User Interface) yang mampu
menghasilkan aplikasi window yang benar-benar portabel.
Dan pada tahun-tahun berikutnya
(1998-1999) lahirlah teknologi J2EE (Java 2 Enterprise Edition) yang berbasis
J2SE yang diawali dengan servlet dan EJB kemudian diikuti JSP. Kelebihan Java
di lingkungan network dan terdistribusi serta kemampuan multithreading
mengakibatkan Java menjadi cepat populer di lingkungan server side.
Terakhir teknologi Java melahirkan
J2ME (Java 2 Micro Edition) yang sudah diadopsi oleh Nokia, Siemens,
SonyEricsson, Motorola, Samsung untuk menghasilkan aplikasi mobile baik games
maupun software bisnis dan berbagai jenis software lain yang dapat dijalankan
di peralatan mobile seperti ponsel.
2. Saran
Dalam pembuatan makalah ini, saya merasa ada banyak kekurangan baik itu dari
segi penulisan, tata letak penyajian maupun kosa kata yang mungkin agak kurang
proporsional. Untuk itu bagi yang membaca makalah saya ini, bila anda menemui
suatu kejanggalan, kekurangan atau sesuatu hal yang kurang pas saya mohon untuk
memberi saran atau masukan yang membangun dan bermanfaat dari anda sekalian.
Saran dari anda yang membaca makalah ini sangat bermanfaat dan dapat membantu
menyempurnakan makalah yang kurang sempurna ini.
Komentar
Posting Komentar